Tuesday 2 August 2011

Atheisme di Mata Anak SD

Konon disebuah Negara.....

Dikisahkan pada suatu hari ada seorang guru Sekolah Dasar sedang berdialog dengan para muridnya, sambil mengacungkan sebuah penghapus papan tulis, sang guru mulai bertanya pada muridnya,: "Anak-anak, benda ini apakah namanya?" Para murid dengan serentak menjawab, "Penghapus ....!" Sang Guru menyahut, "B e n a r !"

Sang Guru melanjutkan pertanyaannya, "Apakah kalian semua dapat melihat penghapus ini?" Para murid menjawab, "Iya melihaaaat..!" Sang Guru meneruskan, "Nah anak-anak, berarti Penghapus ini ADA..!"

Sang Guru bertanya kembali, "Apakah kalian semua dapat melihat Tuhan?" Para murid serentak menjawab, "Tidaaaak...!" Sang Guru menambahkan, "Kalau begitu berarti TUHAN ITU TIDAK ADA..!" kata sang Guru dengan tegasnya.

Semua murid terdiam mendengarkan penjelasan sang Guru dengan seksama, namun tiba-tiba ada seorang murid yang cerdas berdiri..... Lalu berkata dengan lantang, "Teman-teman... Apakah kalian semua dapat melihat AKAL sang Guru kita ini ??" Teman-temanya serentak menjawab, "TIDAAAAK..!" Si murid cerdas itu lantas berkata dengan ketus sambil duduk kembali, "Kalau begitu Guru kita inipun TIDAK ADA AKALNYA..!!!"

Sang Guru pun terhenyak dan terdiam...

Begitulah akibatnya jika keyakinan diukur dengan materi, apa yang tak terlihat selalu akan dianggap tidak wujud. Padahal jika mau obyektif dengan mengakui keterbatasan dirinya, maka tidaklah mungkin apa-apa yang tak terlihat itu akan dapat ditemukan hakikatnya. Apalagi di era teknologi sekarang ini ilmu fisika kuantum sedikit banyak telah mengungkap misteri wujud alam semesta yang berbahan dasar "ruang kosong" inti-inti atom yang tersusun secara ajaib..!