Friday 6 May 2011

Pendeta Amerika Memeluk Islam


Saya lahir dari keluarga Katolik Roma di kota New York. Ibuku beragama Katolik Roma sedang ayahku Presbiterian yang masuk Katolik untuk syarat menikah. Kami menghadiri gereja pada hari Minggu dan aku pergi melalui katekisasi komunitas pertama, dan akhirnya konfirmasi dalam Gereja Katolik Roma. Sewaktu masih muda saya mulai merasakan 'panggilan' dari Allah. Panggilan ini saya ditafsirkan sebagai panggilan menjadi imam Katolik Roma dan memberitahu ibu saya seperti itu. Dia, senang dengan ini, membawa saya untuk memenuhi pastor di paroki lokal kami.
Sayangnya imam khusus ini tidak senang dengan panggilan yang saya alami dan menyarankan saya untuk meninggalkan keinginan menjadi imam tersebut. Hal itu membuat saya marah dan membuat saya kehilangan tujuan hidup saya. Orang tua saya bercerai pada saat saya usia dini, waktu itu saya berusia tujuh tahun dan perasaan saya menderita sebab kehilangan ayah saya yang tak pernah ada setelah perceraian itu.
Di usia 15 tahun, saya mulai lebih tertarik pada klub malam dan pesta pora daripada Tuhan alam semesta. Saya bermimpi menjadi pengacara, kemudian menjadi politisi dengan griya tawang di Manhattan sehingga aku bisa berpartisipasi dalam gaya hidup pesta yang penuh gaya. Setelah saya lulus dengan nilai memuaskan, saya sempat berkuliah sebentar. Tapi kemudian saya memutar haluan hidup saya untuk drop dari kuliah dan pindah ke Arizona (di mana saya terus hidup sampai sekarang) bukannya meneruskan akademi untuk mendapatkan gelar saya. Dan itu adalah sesuatu yang saya sesali hingga saat ini.

Setelah di Arizona, keadaan saya makin buruk dan menjadi lebih buruk. Saya jatuh dalam kerumunan orang yang jauh lebih buruk daripada diri saya dan mulailah saya menggunakan narkoba. Karena kurangnya pendidikan saya, saya bekerja serabutan dan terus menghabiskan waktu saya di narkoba, pergaulan bebas, dan klub malam.

Pada saat inilah ini perjumpaan pertama saya dengan seorang Muslim. Dia adalah orang baik yang terdaftar perguruan tinggi setempat sebagai mahasiswa asing. Dia adalah salah satu teman kencan saya dan sering menemani kami ke klub malam dan tempat pesta pora lain yang kami datangi. Saya tidak membahas Islam dengan dia tapi dalam hati saya masih bertanya-tanya tentang budaya yang ia jalani secara bebas selama ini. Sekali lagi saya membayangkan betapa hal-hal akan berbeda seandainya ia seorang Muslim yang menjalankan agamanya.

Sampai suatu hari saya 'berjalan' kepada agama Hindu, pertanyaan yang saya ajukan adalah tentang mengapa penderitaan harus terjadi padaku. Saya susuri terus hingga seluruh kedalamannya, bahkan mengubah nama saya ke nama Hindu. Hal itu cukup untuk menjaga saya dari narkoba dan menggerakkan hidup saya ke arah yang lebih positif, untuk itu saya sangat berterima kasih. Hingga kemudian sayapun mulai lagi merasakan tarikan dari Allah. Ini menunjukkan bahwa bagi saya, agama Hindu bukanlah jalan yang tepat.

Allah terus mengusik saya sampai saya meninggalkan agama Hindu dan saya mulai kembali ke Kristen. Saya mendatangi Gereja Katolik Roma untuk menjadi imam, karena untuk inilah saya rasa Allah memanggil saya, dan mereka menawarkan saya sebuah pendidikan dan suatu pos di sebuah biara di New Mexico. Pada saat itu keluarga saya (ibu, adik dan kakak) telah pindah ke Arizona dan sayapun memiliki hubungan dekat dengan banyak teman.
Perlu untuk mengatakan saya belum siap pada saat itu. Kemudian saya menemukan sebuah gereja Katolik independen yang saya bisa belajar melalui program seminari mereka dari rumah, ditahbiskan dan ditugaskan di mana saya sudah bertempat tinggal. Gereja Katolik independen ini juga meminta agar idealisme liberal saya lebih berkembang lagi. Saya datangi program seminari mereka dan pada tahun 2005 saya pun ditahbiskan sebagai imam.
Pelayanan pertama dalam peran baru saya adalah hubungan antar-agama. Tugas saya adalah untuk mengunjungi dan belajar tentang tradisi iman yang berbeda di daerah Metro Phoenix dan berbagi dengan mereka tentang pesan perdamaian antar agama dan pemahaman mengenai gereja. Saya mengambil aliran Yudaisme dan agama Timur Jauh, saat itulah saya disebut sebagai imam-pekerja, yang berarti saya punya pekerjaan pada waktu yang sama saat saya melakukan pelayanan saya. Saya telah berubah dari bekerja di perusahaan Amerika untuk bekerja di suatu badan kesehatan perilaku manusia.

Pos saya di seberang jalan dari Masjid. Saya berpikir bahwa itu adalah kesempatan saya untuk belajar tentang Islam untuk hubungan antar agama saya. Saya berjalan ke masjid dan bertemu dengan beberapa saudara yang sangat baik yang mengarahkan saya ke sebuah masjid di Tempe Arizona. Saya juga mulai membaca tentang Islam secara mandiri dan tertegun oleh betapa tersentuhnya saya dengan apa yang saya baca. Allah memiliki saya saat itu tapi saya belum tahu itu. Saya masuk ke masjid Tempe dan bertemu seorang guru menakjubkan dalam bentuk wujud Ahmad Al Akoum.

Br. Al Akoum adalah direktur regional Muslim American Society, memiliki kelas pengenalan Islam yang terbuka untuk semua orang dari semua agama. Saat menghadiri kelas itu, Saya mulai melihat bahwa Islam adalah jalan Kebenaran. Hanya dalam beberapa waktu kemudian saya pun memberikan Syahadah di masjid Tempe dengan Syeikh Ahmed Shqeirat. Keduanya Br. Al Akoum dan Syekh Shqeirat adalah laki-laki yang hebat, tanpa mereka saya tidak akan merasa nyaman kembali kepangkuan  Islam. Saya mengundurkan diri dari gereja dan telah menjadi muslim sejak itu, Alhamdulillah.

Hidup saya telah berubah secara dramatis menjadi lebih baik sejak memeluk Islam. Pada awalnya keluarga saya merasa sedih bahwa saya meninggalkan imamat dan tidak mengerti, bahkan takut terhadap Islam. Tapi karena cara saya berinteraksi dengan mereka, berdasarkan peningkatan kebahagiaan saya dan saya berjuang untuk mematuhi Quran dan Sunnah, telah mengubah mereka, mereka melihat bahwa itu adalah hal yang baik. Br. Al Akoum tahu bahwa tahun pertama selalu paling sulit untuk proses pemulihan. Untuk mengurangi stres itu, dia memastikan saya termasuk dalam beberapa kegiatan masyarakat dan bertemu banyak saudara berlatih yang baik. Hanya melalui kontak dengan Muslim lain lah maka pemulihan bisa sukses.

Meninggalkan mereka sendirian, itu bisa terlalu menakutkan dan iman mereka mungkin akan terpeleset terlalu jauh. Jadi jika Anda tahu pemulihan mualaf, silahkan mengunjungi mereka minimal sekali setiap tiga hari. Saya telah maju lebih lanjut dalam pekerjaan saya karena dasar baru saya adalah seorang Muslim. Saya menjadi manajer sebuah program yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan alkohol dan narkoba, HIV, dan hepatitis yang disebabkan oleh populasi berisiko.

Saya telah jadi sukarelawan tidak hanya
dalam perkumpulan Amerika Muslim namun juga Pusat Pemuda Muslim Arizona dan lainnya yang menyebabkan orang memeluk Islam. Baru-baru ini saya juga dinominasikan sebagai dewan masjid Tempe, di tempat mana saya mengambil syahadat. Alhamdulillah, itu juga menjelaskan mana teman sejati saya dan mana yang bukan.